Laman

INSTALASI OPEN SUSE 11.0


INSTALASI OPENSUSE LINUX 11.0 GNOME (VESA)

  1. Masuklah ke system BIOS untuk menyetting boot sequence/boot priority, gantilah setting boot 1 ke dalam cdrom/dvd-rom. Save setting-nya dengan menekan F10.
  2. Masukkan dvd opensuse 11.0 kedalam dvd rom, kemudian akan muncul pilihan bahasa dan tekan enter.
3.Akan muncul gambar dibawah ini lalu tekan F3 untuk mengatur mode monitornya dan pilih VESA kemudian enter. Setelah itu, pilih installation dan tekan lagi enter

4. Gambar seperti ini akan muncul, biarkan saja dalam bahasa Inggris, tekan alt + a, untuk menyetujui persyaratan (license) atau anda bisa mengarahkan mouse ke tulisan “i agree .......” dan meng-kliknya. Kemudian klik next (alt+ n).


5. Karena kita ingin meng-install linux untuk pertama kalinya, maka kita pilih new installation, lalu klik next.....


6. Pada tahap selanjutnya kita dihadapkan pada pemilihan zona waktu dimana kita berada. Pilihlah “Region” untuk memilih kawasan “Asia”, lalu untuk “Time zone”-nya pilih “Jakarta”. Itu untuk anda yang berada di Indonesia, kemudian klik next.

7. Untuk tahap ini kita disuruh memilih mode desktopnya alias tampilannya, pada bahasan ini kita mencoba menggunakan tampilan GNOME. Klik saja pada bundaran di samping tulisan GNOME, lalu klik next.


8. Dalam tampilan selanjutnya kita akan memilih partisi yang akan digunakan untuk system-nya linux, Pada halaman ini telah ada saran partisi yang tepat dari linux sendiri, bagi anda yang masih belum mahir mem-partisi hard disk, saran ini bisa digunakan dengan klik next.



9. Untuk mengatur user yang diijinkan anda untuk mengakses komputer anda, maka masukkanlah data dibawah ini. Hilangkan semua centang pada opsi untuk mencegah orang lain masuk tanpa password (automatic login). Lalu klik next.


10. Dalam opsi berikut anda akan mengatur password untuk “root” alias administrator atau orang yang bisa mengatur control linux (yast) dsb. dengan leluasa. Masukkan passwordnya lalu klik next.




11. Kemudian akan muncul gambar berikut untuk melihat proses pengaturan instalasi, tunggu sebentar lalu klik next.


12. Lalu jika muncul dialog box untuk meng-confirm instalasi klik saja “instal”, setelah itu tunggu proses selanjutnya...


13. Pada proses ini anda akan menunggu dalam waktu yg paling lama dalam penginstalasian linux ini. Anda bisa melihat slide show-nya untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada dalam linux opensuse, atau anda bisa melihat detailnya untuk mengetahui detail paket yang dimasukkan, dan anda bisa meilhat release notes untuk melihat pengumuman yang dipublikasikan linux bagi pengguna. Tunggulah sampai proses selesai.